Talas Sutera, Santapan Lezat Khas Bogor
Wednesday, Mar 15th 2017

JAKARTA, JIA XIANG – Kawasan Bogor Jawa Barat sejak lama dikenal sebagai habitat tanaman talas yang baik sehingga tak heran biala daerah tersebut menghasilkan berbagai jenis tanaman talas, salah satunya yakni talas sutera.

Situs-situs pertanian dan tanaman yang melansir hal tersebut merilis bahwa daerah Bogor iklimnya sangat cocok untuk tanaman talas.

Dari tampilan fisiknya, umbi talas sutera yang lezat tersebut bisa dikenali dari ciri-ciri khusus seperti warna daun yang hijau muda. Kemudian permukaan daunnya sedikit berbulu sehingga menyerupai kain sutra. Umbinya yang berwarna agak coklat ada yang berukuran sedang maupun yang besar. Menurut data yang dikeluarkan para ahli di bidang tersebut, talas sutera sudah bisa dipanen pada umur 5-6 bulan setelah ditanam.

Bagi masyarakat Indonesia, umumnya talas dikonsumsi untuk makanan pokok dan makanan tambahan. Kandungan karbohidrat yang tinggi, protein, lemak dan vitamin membuat talas cukup mumpuni dalam memenuhi gizi.

Selain itu, dari aspek lingkungan, talas pun termasuk tanaman yang baik dalam keseimbangan ekosistem lingkungan. Pasalnya, tanaman talas baik dalam mendukung penghijauan lingkungan karena sifatnya yang mudah di lahan bekarakter basah dan kering.

Nah bagi Anda yang ingin membudidayakan tanaman talas, sebaiknya waktu menanamnya dimulai pada musim hujan atau bila curah hujan merata sepanjang tahun. Cara menanamnya dengan meletakkan bibit talas tegak lurus di tengah lubang, kemudian ditimbun sedikit dengan tanah kira-kira setinggi 7 cm agar dapat berdiri tegak. Dengan pola tersebut, lubang tanam tidak seluruhnya tertutup oleh tanah sehingga dapat menyimpan air saat hujan atau setelah disiram air.[JX/Berbagai sumber/Van]

Back to Daily Tips List

Daily Tips

Pisang Susu, Makanan Penting bagi Wanita HamilThursday, Apr 20th 2017

Asam folat merupakan zat penting yang salah satunya bermanfaat untuk merawat perkembangan janin di dalam rahim.

Read more