Radikal Bebas Jinak dengan Makan Buah
Sunday, Nov 19th 2017

JAKARTA, JENTERA – Radikal bebas, dalam dunia kesehatan, kerap disebut sebagai pemicu penyakit. Untuk mengatasinya, disarakan untuk mengosumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan.

Para pakar kesehatan mengingatkan bahwa kondisi lingkungan yang sangat tercemar bisa menjadi sumber radikal bebas dari luar tubuh. Sementara dari dalam tubuh pun bisa muncul radikal bebas lantaran adanya kerusakan sel-sel sekecil apapun.

Radikal bebas yang dibiarkan bisa mengganggu kesehatan, bahkan dapat memicu penyakit kronis, seperti kanker dan serangan jantung. Maka untuk mengatasinya, disarankan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung antioksidan.

Dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung antioksidan, tubuh kita yang juga secara alami memproduksi antioksidan lebih optimal menangkal radikal bebas. Akan lebih baik bila buah-buahan dan sayur-sayuran dikonsumsi setiap hari.

Apel, pepaya, stoberi, pir, anggur, jeruk, pisang, mangga, nanas, merupakan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Tidak hanya itu, semua buah itu pun mengandung vitamin E.

Vitamin C sangat dibutuhkan tubuh kita karena bisa mencegah kerusakan dengan menetralisasi radikal bebas. Sementara vitamin E bisa memecah rantai radikal bebas.

Sementara sayur-sayuran yang mengandung antioksidan antara lain brokoli, asparagus, tomat, kubis merah, dan ubi merah.[JN/drg]

 

Back to Daily Tips List

Daily Tips

Rebung, Lezat Disayur Berkhasiat bagai ObatTuesday, Mar 13th 2018

Di musim penghujan, saat ini, merupakan berkah karena semua tanaman akan muncul tunas-tunas baru..

Read more