Radikal Bebas Jinak dengan Makan Buah
Sunday, Nov 19th 2017

JAKARTA, JENTERA – Radikal bebas, dalam dunia kesehatan, kerap disebut sebagai pemicu penyakit. Untuk mengatasinya, disarakan untuk mengosumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan.

Para pakar kesehatan mengingatkan bahwa kondisi lingkungan yang sangat tercemar bisa menjadi sumber radikal bebas dari luar tubuh. Sementara dari dalam tubuh pun bisa muncul radikal bebas lantaran adanya kerusakan sel-sel sekecil apapun.

Radikal bebas yang dibiarkan bisa mengganggu kesehatan, bahkan dapat memicu penyakit kronis, seperti kanker dan serangan jantung. Maka untuk mengatasinya, disarankan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung antioksidan.

Dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung antioksidan, tubuh kita yang juga secara alami memproduksi antioksidan lebih optimal menangkal radikal bebas. Akan lebih baik bila buah-buahan dan sayur-sayuran dikonsumsi setiap hari.

Apel, pepaya, stoberi, pir, anggur, jeruk, pisang, mangga, nanas, merupakan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Tidak hanya itu, semua buah itu pun mengandung vitamin E.

Vitamin C sangat dibutuhkan tubuh kita karena bisa mencegah kerusakan dengan menetralisasi radikal bebas. Sementara vitamin E bisa memecah rantai radikal bebas.

Sementara sayur-sayuran yang mengandung antioksidan antara lain brokoli, asparagus, tomat, kubis merah, dan ubi merah.[JN/drg]

 

Back to Daily Tips List

Daily Tips

Cegah Diabetes dengan Konsumsi Buah-buah IniWednesday, May 2nd 2018

Para pakar kesehatan berpendapat bahwa vitamin D dapat meningkatkan produksi insulin di dalam pankreas. Ini berarti, setiap orang yang kekurangan vitamin D berpotensi terserang diabetes.

Read more