Pisang Tanduk, Sijumbo yang Sehatkan Pencernaan
Monday, Apr 3rd 2017

JAKARTA, JIA XIANG – Meski tak menghasilkan banyak buah, tanaman pisang tanduk tetap dianggap istimewa karena ukurannya yang besar dan berbobot besar.

Situs-situs pertanian dan tanaman buah yang melansir hal tersebut menyebutkan bahwa pisang tanduk hanya menghasilkan tiga sisir buah setiap pohonnya. Rata-rata tiap sisir terdiri dari 10 buah pisang.

Meski demikian, pisang tanduk tetap memikat hati penggemarnya karena tiap buah rata-rata berukuran hingga 30 cm dan bobot tiap buahnya sekitar 300 gram.

Pisang tanduk secara fisik cukup mudah dikenali karena bentuknya yang panjang melengkung mirip tanduk sapi. Kulit buahnya tebal dan berwarna kuning kemerahan dengan bintik-bintik coklat.

Pisang tanduk memiliki daging buah yang berwarna merah kekuningan dan berasa manis sedikit asam serta beraroma kuat. Dari sisi kesehatan, pisang tersebut mengandung serat, dan karbohidrat yang dapat membantu kerja sistem pencernaan tubuh. Dengan dua zat tersebut, gerakan usus dapat dipertahankan tetap teratur.

Selain itu dalam pisang tanduk juga terkandung pektin yang membantu meningkatkan fungsi pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit. Bahkan pisang ini juga memiliki efek antasid yang membantu mencegah penyakit maag kambuh kembali. Hasil penelitian menemukan bahwa rutin mengonsumsi pisang secara umum dapat mengurangi risiko kanker lambung.[JX/Berbagai sumber/Van]

Back to Daily Tips List

Daily Tips

Buah Penjinak Radikal BebasTuesday, Oct 31st 2017

Radikal bebas, dalam dunia kesehatan, kerap disebut sebagai pemicu penyakit. Untuk mengatasinya, disarakan untuk mengosumsi buah-buahan..

Read more