Nanas Spanish, untuk Bahan Baku Kertas dan Tekstil
Tuesday, Aug 8th 2017

JAKARTA, JIA XIANG – Berbeda dengan nanas jenis cayenne dan queen yang lezat untuk disantap, maka nanas Spanish justru kurang lezat karena dagingnya punya banyak serat. Namun demikian, nanas Spanish yang matang pun berasa manis dan aromanya tajam menyengat.

Sebagaimana dilansir di situs-situs tanaman buah dan pertanian, nanas Spanish ini lebih banyak dimanfaatkan untuk bahan baku kertas dan tekstil, seperti halnya uang kertas dolar Amerika Serikat yang bahan bakunya salah satunya diambil dari daun nanas Spanish.

Buah nanas Spanish rata-rata berbobot 0,9-1,8 kg, dengan mata pada daging cukup dalam sehingga saat dikupas banyak daging yang terbuang. Kemudian ciri lainnya adalah daunnya yang berduri, kulit buah kasar sehingga tidak mudah rusak. Karena sifat-sifat tersebut, maka nanas Spanish sering dijadikan tanaman hias.

Varietas nanas Spanish ini dibeberapa daerah dikenal dengan nama tertentu seperti di Bondowoso disebut nanas merah dan hijau, Purwokerto dinamai rakyat merah dan rakyat hijau, di Bukit Tinggi disebut gadut, di Bali disebut nanas madu dan kebo, warga Pontianak menamainya towon, biasa, barak, tembaga, dan emas, di Palangkaraya dinamai nans bubur, serta masih banyak lagi penamaannya di daerah lain.[JX/Berbagai sumber/Van]

Back to Daily Tips List

Daily Tips

Buah Penjinak Radikal BebasTuesday, Oct 31st 2017

Radikal bebas, dalam dunia kesehatan, kerap disebut sebagai pemicu penyakit. Untuk mengatasinya, disarakan untuk mengosumsi buah-buahan..

Read more