Nanas Cayenne, Kombinasi Rasa Manis dan Asam
Monday, Jul 10th 2017

JAKARTA, JIA XIANG – Buah nanas cukup popular di Indonesia dan salah satunya adalah nanas cayenne yang memiliki daun tidak berduri, berasa manis dan asam.

Sebagaimana dilansir di situs-situs tanaman buah dan pertanian, nanas cayenne memiliki rasa khas yang manis sedikit asam. Bobot tiap buahnya rata-rata 1,8 hingga 2,3 kilogram dan berdiamete 11-16 sentimeter. Tetapi ada juga yang bobotnya mencapai 5 sampai 7 kilogram. Nanas cayenne juga disebut dengan nama Walungka atau Sarawak.

Dari sisi komposisi, nanas cayenne dikenal punya kandungan air yang cukup tinggi, hatinya relatif kecil serta mata di daging buahnya tidak dalam.

Rasa yang khas dari nanas tersebut membuatnya sering dibuat makanan dalam kemasan kaleng. Tetapi dibalik keistimewaannya itu, nanas cayenne juga dinilai ada kekurangannya, yakni perubahan warna kulitnya agak lambat sehingga meski buah sudah matang, tetapi kulitnya masih kelihatan berwarna hijau.

Di sejumlah daerah, nanas cayennes memiliki sebutan khas, seperti Cayennelis di Palembang dan Salatiga, Suka Menanti di Bukit Tinggi, Serawak di Tanjung Pinang dan Pacitan, Bogor di (Pontianak, Probolinggo, dan Purbalingga), dan Paung di Palangkaraya.
Dari pengalaman para pembudidayanya, nanas cayenne diklaim tumbuh paling baik di daerah Subang, Jawa Barat.[JX/Berbagai sumber/Van]

Back to Daily Tips List

Daily Tips

Empat Varietas Duku di IndonesiaTuesday, Sep 12th 2017

Duku merupakan tanaman buah dari suku meliaceae dan jika dilihat dari sifat-sifat pohon dan buahnya dapat dikategorikan dalam beberapa jenis..

Read more