Cegah Diabetes dengan Konsumsi Buah-buah Ini
Wednesday, May 2nd 2018

JAKARTA, JENTERA – Para pakar kesehatan berpendapat bahwa vitamin D dapat meningkatkan produksi insulin di dalam pankreas. Ini berarti, setiap orang yang kekurangan vitamin D berpotensi terserang diabetes.

Hasil meta-analisis berbagai studi menunjukkan kadar vitamin D yang rendah berhubungan dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 31%.

Beberapa tahun lalu pernah dilakukan penelitian terhadap 83.779 wanita. Di antara mereka yang mengonsumsi kalsium lebih dari 1.200 mg dan vitamin D lebih dari 800 IU per harinya, selama 20 tahun, menunjukkan bahwa risiko diabetes tipe 2 lebih rendah 33%.

Ditemukan bahwa vitamin D dapat memperbaiki respons tubuh terhadap insulin hormon yang berperan dalam mengatur kadar gula darah. Dengan demikian, kondisi resistensi insulin yang merupakan awal mula kondisi diabetes tipe 2, akan membaik.

Oleh sebab itu vitamin D sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Antara lain, pertama, membantu menurunkan berat badan, yang merupakan faktor risiko utama diabetes. Kedua, mengatur nafsu makan. Vitamin D akan meningkatkan kadar hormon leptin, yang mengendalikan penyimpanan lemak tubuh dan memicu rasa kenyang.

Ketiga, menurunkan timbunan lemak perut dengan menurunkan kadar hormon kortisol dalam darah. Penumpukan lemak perut ini secara langsung meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Maka, vitamin D jangan dipandang sebelah mata. Biasanya, berjemur di bawah sinar matahari selama 15–20 menit setiap pagi sudah dapat meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh setiap orang. Tapi tidak ada salahnya juga mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan vitamin D seperti kacang-kacangan, ikan seperti tuna, salmon, dan sarden, tiram, kuning telur, jamur, serta susu.

Dan jangan lupa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin D. Ada cukup banyak buah yang juga mengandung vitamin D.

Buah jeruk, yang selama ini dianggap memiliki kandungan vitamin C, ternyata juga banyaj mengandung vitamin D. Dengan mengomsumsi jeruk sebanyak dua buah per hari, maka akan semakin mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin D, Selain mengandung dua vitamin itu, jeruk juga mengandung senyawa-senyawa positif yang sangat dibutuhkan tubuh.

Stroberi juga buah yang memiliki kandungan vitamin D cukup tinggi. Buah ini juga mengandung vitamin A dan vitamin C. Kandungan multi vitamin pada buah ini juga membuat tubuh si pengonsumsi menjadi sehat. Sebab, stroberi yang juga memiliki kandungan antioksidan sangat berguna untuk menanggal radikal bebas dan mencegah penyakit jantung koroner dan kanker.

Buah yang juga cukup tinggi kandungan vitamin D-nya adalah tomat. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau dijus agar cita rasanya semakin enak dan segar.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka setiap orang sebaiknya mengonsumsi makanan yang bervitamin agar tidak terjangkit berbagai penyakit, termasuk diabetes. Bagi penderita diabetes sebaiknya menjaga kadar gula darah dalam rentang normal.[JN/win]

Back to Daily Tips List

Daily Tips

Cegah Diabetes dengan Konsumsi Buah-buah IniWednesday, May 2nd 2018

Para pakar kesehatan berpendapat bahwa vitamin D dapat meningkatkan produksi insulin di dalam pankreas. Ini berarti, setiap orang yang kekurangan vitamin D berpotensi terserang diabetes.

Read more