Buah-buahan Bervitamin A untuk Sehatkan Mata
Thursday, Dec 21st 2017

JAKARTA, JENTERA – Di era digital saat ini, setiap orang baik di rumah maupun di tempat kerja selalu memandangi komputer, gadget dan televisi. Saking keasikan, mereka kerap memaksakan terus memandangi layar perangkat tersebut tanpa menghiraukan kelelahan pada mata.

Yang biasa dilakukan manakala sudah lelah adalah tidur. Sebab, bila mata sudah sangat lelah biasanya kita mengantuk. Tapi yang terjadi, mereka tertidur hanya beberapa saat. Ketika terbangun langsung memandangi kembali layar komputer, gadget dan televisi.

Mereka seperti tidak peduli terhadap kesehatan mata. Atau mereka lupa bahwa mata merupakan panca indera yang harus dijaga.Caranya, selain beristirahat cukup bila mata sudah lelah, juga mengonsumsi buah dan sayuran.

Saran yang kerap dilontarkan, baik sejak anak-anak kemudian remaja hingga dewasa, agar selalu mengonsumsi wortel. Disebut-sebut, wortel yang masuk dalam kategori sayur sangat kaya akan vitamin A. Selain itu, wotel juga mengandung senyawa beta karoten, yaitu suatu karotenoid yang dapat membantu menjaga mata agar tetap sehat.

Penglihatan kita sangat membutuhkan vitamin A agar tetap sehat. Agar anak-anak menyukai wortel, mereka dicontohi kelinci yang sangat suka wortel. Bahkan orangtua atau pengasuh mereka sembari mendongeng tentang hewan yang di mata anak-anak lucu dan menggemaskan.

Bukan hanya wortel yang baik untuk mata. Buah-buahan antara lain alpukat, tomat  dan labu kuningjuga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

Alasan alpukat bagus untuk mata karen buah ini mengndung banyak lutein yang merupakan antioksidan untuk menjaga kesehatan mata. Bagi orang dewasa disarankan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung lutein.

Hasil penelitian, satu ons alpukat mengandung 80 mikrogram lutein American Optometric Associate mengklaim bahwa lutein adalah karotenoid yang menyaring sinar biru berbahaya – ini membantu menjaga sel sehat di mata

Seiring bertambahnya usia, agar matanya tetap sehat disarankan mengonsumsi alpukat karena tubuh manusia tidak mensintesis lutein.

Di dunia kuliner, alpukat merupakan buah yang tak hanya disajikan sebagai minuman segar seperti dijus. Alpukat bisa dimix ke berbagai hidangan seperti salad, salsa dan sandwich.

Begitu pula halnya tomat. Buah ini  sangat kaya akan vitamin C dan vitamin A.

Hasil penelitian, sebuah tomat mengandung 22 kalori dan  5 gram karbohidrat. Buah ini pun kaya akan antioksidan alami meliputi asam alfa lipoat, lycopene, kolin, asam folat, beta karoten, dan lutein.

Kandungan alpha lipoic acid pada tomat dapat membantu mengendalikan kadar gula darah untuk asam lipoat alfa dapat membantu pemecahan glukosa dalam darah menjadi energi. Asam lipoat alfa juga bisa membantu meremajakan sel otak dan saraf sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan otak.

Salah satu jenis antioksidan alami pada tomat adalah lycopene, zat yang membuat tomat berwarna merah. Lycopene pada tomat mampu memenuhi kebutuhan 80% untuk tubuh per hari. Bagi mata, likopen pun sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan retina.

Namun untuk menjaga kesehatan mata, khususnya anak-anak, ingatkan mereka agar tidak menonton televisi terlalu dekat. Bila hal ini dibiarkan, mata mereka beresiko mengalami minus ketika anak tumbuh dewasa.

Apalagi layar televisi sudah semakin lebar, sehingga jarak yang aman untuk menonton harus diperhatikan. Jangan terlalu dekat.[JN/drg]

Back to Daily Tips List

Daily Tips

Rebung, Lezat Disayur Berkhasiat bagai ObatTuesday, Mar 13th 2018

Di musim penghujan, saat ini, merupakan berkah karena semua tanaman akan muncul tunas-tunas baru..

Read more